6 Des 2013

Mau dibawa ke mana Indonesia?

Indonesia, tanah tempat ditakdirkannya aku dilahirkan.
Merah putih sebagai bukti perjuangan para pahlawan dahulunya.

Allah ya rohim...
Aku bingung ingin memulainya dari mana. keresahan ini sungguh membuat aku terhenyak hingga aku bertanya mau dibawa kemana indonesia ini. Katanya indonesia itu kaya alamnya, tapi itu memang benar. Katanya indonesia kaya akan suku dan budaya, dan itupun benar. Katanya indonesia itu beragam bahasanya, tapi itu juga benar. 
Semua itu bukan kata isapan jempol belaka. Banyak yang kagum dengan indonesia, dengan banyak keragaman bahasa, suku, budaya dan banyaknya pulau yang terbentang dari sabang sampai merauke, bisa disatukan dengan satu kata yaitu NKRI. Dulu aku pernah dengar, indonesia selalu memegang adat ketimurannya. Tapi itu katanya. aku tidak tahu apakah itu benar adanya?
Aku semakin bingung sudah lama menyandang status kewargenagaraan ini, namun kenapa polemik yang terjadi dalam masyrakat sejak aku mengenal kata INDONESIA. Selalu saja sama. aku coba menapik semua kabar yang menjelek-jelekkan indonesia. Namun, maaf aku tak bisa. karna itu bukan katanya lagi, tapi itulah realita.

Allah ya Latif...
Lembutkanlah hati ini, untuk lebih banyak berfikir tentang segala yang engkau ciptakan sungguh semua itu tidak mungkin tanpa maksud, aku yakin engkau mengundang kami untuk selalu bertafakur akan segala yang terjadi dengan indonesia ini.
Semakin usia beranjak senja, semakin jelas kondisi yang harus ku terima, bagaimana anak-anak ku nanti? Jika saat ini saja aku masih bingung, mau dibawa kemana indonesia ini?
sopan santun, budi pekerti luhur dan jiwa bergotong royong seolah terkikis oleh zaman. Mereka hanya menjadi bahasan asyik dalam diskusi-diskusi terbuka saja. Hanya sedikit yang mau mengaplikasikannya dalam bermasyarakat.

Allah ya Ghofur...
Ampunilah kami yang tidak tahu menjaga ciptaanmu...
Ampuni akan segala ketamakan dan keserakahan kami.
Berilah petunjukmu agar kami termasuk orang-orang yang mampu memperbaiki diri

Mulai dari diri, keluarga, masyarakat dan negara.
Mungkin itulah kunci perbaikan. agar indonesia punya misi yang jelas dan tidak terseyok-seyok dalam perputaran waktu kedepan.
Agar anak cucu yang lahir nanti. berkata pada INDONESIA Ya Allah aku bangga engkau lahirkan di tanah syurga ini.


Wallahualam

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya...silahkan tinggalkan sarannya...^_^