6 Des 2013

Allah Maha Pencipta, Mengadakan dan Pembentuk Rupa (Kajian Malam Jum'at Daarut Tauhid Bandung)

Malam jumat ini kajian ma'rifatullah membahas tentang sifat allah yaitu kholiqul bariiul Mushowwir (allah maha pencipta, maha mengadakan dan maha pembentuk rupa).
Berkaitan dengan surah cintaNya :
QS. Al Hasyr ayat 24
هُوَ اللَّهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ ۖ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ ۚ يُسَبِّحُ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nya apa yang di langit dan bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. 

Seperti biasa sang ust bertanya pada hadirin. Apakah allah melihat kita? Apakah allah tahu apa yang sedang kita lakukan? Pertanyaan-pertanyaan pengantar tersebut terus bergulir, seolah sang ustad ingin menyadarkan diri ini bahwa kita ada dalam pengawasan allah dan tidak pernah luput dari perhatian allah swt. Dan sang ustad juga tak lupa mendoakan semoga kehadiran kita dalam majelis malam itu mendapatkan berkah dari allah swt.
...
Allah maha pencipta allah maha pembentuk rupa dan allah maha mengadakan.
Tidak perlu contoh rumit, sang ustad memberikan contoh yang dekat sekali dengan sekitar kita.
Mulai dari anggota tubuh dan bagian-bagiannya, mungkin tidak asing di pendengaran. Namun, pada kenyataannya contoh yang diberikan sang ustad masih mampu menghipnotis hadirin. "Masyaallah, allah maha pendesaign...mulai dari sperma yang masuk ke indung telur, proses pembentukan manusia di dalam perut, retina yang sangat kecil sekali, lidah yang bisa merasakan manis, asin, pahit, semua adalah kekuasaan allah" lebih kurang sang ustad berkata demikian. Masyaallah ujarnya lagi, ada bagian tubuh kita yang tidak dikasih rasa sakit jika dipotong,  contohnya kuku dan rambut. Coba bayangkan ketika rambut dan kuku dipotong mengeluarkan darah dan berasa sakit, tentulah barbershop sudah seperti tempat pemotongan daging. Sontak kalimat sang ustad disambut tawa hadirin. Kalimat-kalimat ustad yang renyah dan dibumbui jokes penuh makna, mampu mengahanyutkan hadirin untuk terus mengikuti kajian yang diberikannya.
...
Masyaallah...nasihat-nasihat beliau sungguh luar biasa khususnya bagiku.
Jika semua kita, ketika melihat apapun selalu ingat bahwa semua itu adalah ciptaan Allah SWT. Maka, tidak akan ada lagi lisan yang selalu menghina dan hati yang mendengki.
Karna seyogyanya ketika kita menghina sesuatu maka sesungguhnya kita telah menghina penciptanya. Astaghfirullahal adzim...inilah kebanyakan kita, terkadang kita dengki melihat orang cantik, pintar dan kaya. Apakah kita termasuk orang-orang yang cinta dunia dan kufur nikmat? naudzubillah
...
Kita tidak perlu minder dengan segala kekurangan kita, karena kekurangan itu hanyalah ada di pandangan makhluk saja. Bersyukurlah jika allah memberikan kita kulit yang tidak putih, tubuh yang tidak tinggi, rambut yang keriting, lalu ada tompel di pipi, gigi yang kurang rata dan hidung yang kurang mancung. Karena sesungguhnya disanalah letak kekuasaan allah dan kasih sayangNya. Jika kita mau bertafakur atas ciptaannya.
Kita tidak tahu jika allah memberikan kita rupa yang elok tubuh yang atletis kulit yang putih dan sebagainya. Apakah semua itu mampu membuat kita bersyukur atau malah kufur dan bahkan sombong terhadap apa yang kita miliki.  Innalillah...
...
Suku kita memang berbeda-beda, tapi kita tidak ada yang bisa memilih dan meminta ketika di dalam kandungan pada allah, kita maunya suku apa, karena semua itu adalah kekuasaan Allah SWT. Ya allah...aku maunya disuku itu saja disuku ini saja. Semua telah ditetapkan oleh allah, maka tidak ada alasan bagi kita untuk mencibir suku lainnya.
...
Allah maha pencipta...
Dari beberapa ciptaannya ada yang bertugas untuk menguji kita. Apakah kita mampu bertakwa pada allah atau tidak. Contohnya babi dan rokok. Babi adalah hewan yang diciptakan allah swt dengan desaign yang sungguh luar biasa. Namun, memakan babi haram hukumnya dalam ISLAM. Bukan berarti mentang-mentang babi ciptaan allah lantas kita dengan mudah melanggar ketentuan allah untuk memakannya.
Rokok, juga allah yang menciptakan, manusia hanya merangkai bahan-bahannya saja. Namun, kehadirannya juga merupakan ujian untuk kita.
...
Jika kita tidak mau berfikir atas segala yang diciptalan allah swt maka bersiaplah hidup dalam kegelisahan dan kesiasiaan.
Sungguh
Allah swt maha pencipta...maha mengadakan dan maha pembentuk rupa.

Wallahualam

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya...silahkan tinggalkan sarannya...^_^