25 Sep 2014

Meningkatkan Derajat Menuju SyurgaNya

Bismillahirrahmanirrahim...
1 Dzulhijjah 1435H
Kajian Ma'rifatullah malam ini sedikit berasa beda. Ba'da sholat isya di Darutauhid (DT), aku sedikit berfirasat "seperti si ustad yang dinanti tidak hadir nih" aku bisa berfirasat seperti itu, karena tidak seperti biasanya, biasanya ada suara yang terdengar "sebentar lagi kita mulai kajian kita" namun...malam ini tidak demikian.
Sempat bersu'udzon malam ini bakalan tidak "seru". Namun, buru-buru aku menepis perasaan itu,  aku buru-buru bicara pada hatiku "luruskan niat, kamu kesini bulan untuk melihat si da'i melainkan mengikuti kajian"
Alhamdulillah, allah swt menetralkan hatiku.
Sekilas ku dengar nama ustad yang menggantikan aa gym adalah KH zulkarnain.
Ekspresiku masih biasa saja sih...
Tapi...setelah seorang berjubah putih duduk di mimbar, aku mulai ingat, dan aku banyak-banyak mengucap hamdalah.
Terimakasih allah...engkau memberikan aku kesempatan untuk melihat secara live ustad kondang yang selama ini menjadi salah satu ustad yang aku kagumi.
Sempat aku bergumam pada ibu-ibu yang sebelumnya sudah teibat komunikasi denganku (baru kenal sih) oooh...ustad ini...(gumamku)
"Siapa? " (kata si ibu)
Ku lihat si ibu juga kecewa dengan ketidak hadiran aa gym.
Lalu ku jawab si ibu "itu bu...ustad yang suka ngisi khutbah di istiqlal, yang suka bareng arifin ilham juga"
"Iya, sepertinya bukan orang bandung ya"
"Iya bu..."
Aku semakin antusias mendengar tausiyahnya.
Semakin lama semakin menarik.
Sesekali kami tertawa mendengar kalimat-kalimat lucu yang keluar di sela-sela tausiyahnya. Dan sesekali kami tertegun.
Beberapa yang bisa ku tuliskan disini tentang panjang lebar penjelasannya anatara lain.
1. Tentang tingakatan nafsu
2. Tentang cara meningkatkan derajat dihadapan allah swt dalam meraih syurgaNya
Malaikat, Manusia dan Binatang itu jelas bedanya.
Malaikat memiliki akal namun tak bernafsu, karna malaikat bekerja hanya sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh allah swt.
Binatang memiliki nafsu, namun binatang tidak memiliki akal. Binatang bekerja sesuai kehendak nafsunya saja tanpa berfikir bagaimana buruk baiknya.
Sedangkan manusia berada diantaranya, manusia memiliki akal dan juga nafsu.
Nah disinilah keistimewaan manusia. Manusia bisa memilih amal untuk dikerjakan,  sedangkan malaikat hanya melakukan 1 amal. Manusia memang telah diistimewakan oleh allah swt. Tinggal qt saja yang menyikapai bagaimana kita mengistimewakan diri. ^_^
Manusia yang memiliki nafsu paling baik adalah baginda nabi Muhammad SAW.
Tingakatan nafsu dari yang paling rendah adalah
A. Nafsu amarah
Nafsu yang membuat keinginan untuk berbuat jelek
B. Nafsu lawwamah
Nafsu yang ketika kita berbuat jelek, hati kita merasa menyesal.
C. Nafsu Mutmainnah
Jiwa yang sudah pada.tingkat ketenangan
D. Nafsu Rodhiyah
Nafsu yang sudah mengarah pada RobbNya saja
E. Nafsu karimah (sedikit ndak yakin, karna aku sedikit lupa)
sudah pada tingkat rasulullah
Poin C dan D keutamaannya lihat surat al fajr 26-30
2. Dalam meningkatkan derajat kita sebagai manusia adalah
A. Meningkatkan mutu ibadah wajib
B. Menambah ibadah sunnah
C. Mengurangi yang boleh
D. Meninggalkan yang makruh
E. Menjauhi yang haram
Demikianlah,
Wallahualam
Wassalam...

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya...silahkan tinggalkan sarannya...^_^